Jika Anda tertarik, Andapun dapat bergabung dengan klub-klub yang sudah ada. Atau, jika Anda memiliki rekan-rekan sehobby, Anda dapat pula membuat klub sendiri. Untuk peraturan, ada peraturan baku yang digunakan sesama klub airsoft wargames.

PASAL I.

PERATURAN DASAR PERMAINAN

1. Tujuan kegiatan atau permainan adalah untuk kesenangan. Tidak diperkenankan menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun didalam kegiatan maupun acara permainan.

2. Tidak diperkenankan membawa, menggunakan s*nj**a api, karet, gas, senapan angin maupun s*nj**a lain yang bukan merupakan Airsoft Gun didalam kegiatan maupun acara permainan.

3. Tidak diperkenankan menggunakan s*nj**a tajam selama permainan. (Dibolehkan pada saat memasak atau membuka lahan semak-semak dalam acara perkemahan atau off-road misalnya).

4. Peserta dibawah umur 18 (delapan belas tahun) wajib membawa surat keterangan atau izin dari orang tua/wali.

5. Wajib menggunakan Safety Goggle. Semua Pemain, Marshal dan Pengamat wajib menggunakan pelindung mata di area permainan yang sedang berlangsung.

6. Semua pemain wajib memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a. Memeriksa kelengkapan keamanan pribadi. Pelindung mata wajib digunakan. Pelindung muka (facemask), pelindung tubuh (body armour) dan pelindung siku/lutut (pads) adalah opsional.

b. Memeriksa Magazine dan Amunisi. Berat BB maksimum yang diperbolehkan adalah 0,30gr.

c. Memeriksa Muzzle Velocity. Pemeriksaan dengan menggunakan chronometer tidak boleh melebihi 400 fps untuk s*nj**a jenis Sniper (Single Shoot) dan 350 fps untuk lainnya. Untuk permainan jenis CQB disarankan untuk menggunakan s*nj**a dengan muzzle velocity standar dan tidak boleh menembak full-auto. Semua s*nj**a dengan muzzle velocity di atas standar yang ditentukan wajib diubah menjadi lebih manusiawi (diturunkan) sebelum diperbolehkan untuk digunakan bermain agar tidak melukai.

7. Tidak diperkenankan berlindung dibelakang pemain yang telah kena tembak (tereliminasi) atau berbaur dengan yang bukan peserta permainan. Pemain yang melakukan hal tersebut jangan ditembak tetapi dilaporkan kepada Field Marshal.

8. Kontak fisik antar pemain tidak diperbolehkan kecuali sentuhan ringan di badan, s*nj**a atau aksesoris lain untuk menandakan eliminasi lawan.

9. Mereka yang kedapatan tidak mematuhi aturan keselamatan tersebut diatas dapat diberikan peringatan oleh Marshal atau pemain lainnya. Bila peringatan tidak diindahkan, yang bersangkutan dapat di keluarkan dari permainan dan/ atau tidak diperbolehkan untuk mengikuti permainan berikutnya.

PASAL II.

PERATURAN LAPANGAN

1. Semua peserta diwajibkan mendaftarkan diri dan melunasi biaya acara/permainan tambahan (pada event-event khusus) pada panitia sebelum permainan dimulai.

2. Pahami dan ikuti peraturan yang diberikan oleh Briefing Officer atau yang dibagikan dalam bentuk cetakan kepada semua peserta. Jika ada yang tidak jelas harap ditanyakan langsung kepada Briefing Officer atau Field Marshal.

3. Persiapkan semua peralatan permainan, seragam dan logistik lainnya yang diperlukan. Semua peserta harus siap setelah ada tanda Stand By dari Field Marshal kepada masing-masing Komandan Regu.

4. Masuk ke area permainan tepat waktu dalam kelompok atau team. Mulainya permainan dapat tertunda apabila salah satu team terlambat berada di posisi yang telah ditentukan. Tanda peluit akan dibunyikan oleh Field Marshal setelah semua peserta permainan memasuki area permainan. Peserta yang terlambat dilarang masuk ke area permainan setelah tanda dibunyikan.

5. Untuk mengoptimalkan waktu permainan, segera persiapkan diri untuk permainan berikutnya jika tereliminasi atau waktu permainan berakhir. Waktu maksimum untuk istirahat dan mengisi ulang amunisi antar permainan adalah lima belas menit.

6.Peserta harus bertanggung jawab atas cedera atau kerusakan yang dibuat terhadap peserta lawan, penduduk lokal atau properti selama permainan berlangsung.

PASAL III.

PERATURAN ELIMINASI

1. Direct Hit pada semua bagian tubuh pemain dikategorikan sebagai Kill. Itu termasuk Direct Hit pada baju dan semua perlengkapan lainnya yang terpasang yang ada di trayek BB ke badan pemain.

2. Ricochets (proses menembak tanpa ada peluru yang keluar) tidak dikategorikan sebagai Direct Hit.

3. Tembakan menembus rintangan seperti rumput, daun atau material tipis yang digunakan untuk berlindung dikategorikan Direct Hit apabila mengenai target dibelakangnya.

4. Tembakan oleh rekan satu team dikategorikan Direct Hit.

5. Pemain yang kena harus mengkonfirmasikannya denga cara berteriak HIT, DEAD atau OUT, dan selanjutnya mengacungkan life-card dan merobeknya, kemudian memakai tanda/bendera `Dead Man Vest’ untuk menghindari tertembak kembali oleh pemain yang masih aktif dalam perjalanan keluar dari area permainan. Kalau tanda/bendera tidak tersedia, tanda universal untuk pemain yang kena adalah dengan mengangkat tinggi s*nj**a diatas kepala dengan satu atau dua tangan sambil meninggalkan area permainan.

6. Pemain yang mengalami kerusakan teknis atau kehabisan amunisi tetapi masih ingin melanjutkan permainan, harus mengatasi sendiri masalahnya tanpa meminta Cease Fire. Bila tidak dapat diatasi dianggap tereliminasi.

PASAL IV.

PEDOMAN KESELAMATAN UMUM

1. Perlakukan s*nj**a Anda seperti s*nj**a sebenarnya. Dengan memperlakukan s*nj**a Anda seperti s*nj**a sebenarnya, Anda dapat membiasakan diri untuk tidak membahayakan diri Anda maupun diri orang lain.

2. Biasakanlah untuk memperlakukan s*nj**a Anda seakan-akan s*nj**a Anda dalam kondisi terisi peluru.

3. Jangan mengarahkan laras s*nj**a Anda pada seseorang maupun sesuatu yang bukan sasaran yang ingin Anda tembak, Anda dapat tidak sengaja menyakiti orang lain atau merusak.

4. Jangan membiasakan meletakan jari Anda pada trigger/pemicu. Jauhkan jari dari trigger ketika tidak menggunakan s*nj**a.

5. Selalu kosongkan magazine s*nj**a Anda bila tidak digunakan. Selain untuk alasan keselamatan, Anda dapat memperpanjang umur mekanik pegas yang ada dalam magazine.

6. Selalu lepaskan battery atau kosongkan gas dari s*nj**a Anda bila sedang tidak digunakan.

PASAL V.

PEDOMAN KESELAMATAN PRIBADI

1. Jangan gunakan s*nj**a Anda untuk tindakan iseng/usil. Selain dapat melukai, tindakan Anda pun dapat dituntut secara hukum, dan rekan-rekan Anda dapat kehilangan kesempatan bermain atau memiliki airsoft gun jika sampai dilarang untuk digunakan.

2. Selalu gunakan tutup pengaman s*nj**a Anda bila tidak sedang digunakan. Ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selain bila Anda biarkan s*nj**a Anda tetap terbuka.

3. Selalu pilih tempat yang aman untuk menggunakan s*nj**a Anda. Hindari tempat-tempat umum/ramai yang banyak dilalui oleh orang maupun kendaraan seperti taman, kebun, tempat parkir, dll.

4. Selalu simpan s*nj**a Anda dalam tempat yang aman dan tertutup (gun case) dengan posisi trigger terkunci. Jangan biasakan membawa s*nj**a Anda secara ekspresif, selain dapat menakut-nakuti orang lain, Anda dapat mengundang petugas keamanan.

5. Lepaskan magazine peluru secara hati-hati. Kadangkala masih ada peluru yang tertinggal dalam s*nj**a Anda.

6. Cara yang aman adalah menembakannya ke arah kosong/atas, sebelum Anda menyimpannya.

7. Jika tidak digunakan, biasakan untuk menjauhkan jari Anda dari trigger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

PASAL VI.

KESELAMATAN DALAM PERMAINAN

1. Selalu gunakan pengaman mata (safety goggle) atau masker tertutup (seperti pada olahraga motorcross) untuk keselamatan mata Anda dari tembakan langsung maupun kemungkinan pantulan dari peluru.

2. Gunakan pakaian yang baik (dan agak tebal). Akan lebih berguna jika Anda menggunakan seragam militer / ****** daripada sekedar t-shirt saja.

3. Penggunaan sarung tangan dan sepatu militer/ ****** juga disarankan sebagai perlindungan sekunder.

4. Patuhi peraturan permainan. Peraturan permainan dapat berbeda-beda di lain tempat, tetapi secara umum antara lain adalah sbb:

a. Pastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat jasmani.

b. Anda tidak diperkenankan untuk bermain jika Anda sedang dalam pengaruh obat yang tidak memperkenankan Anda melakukan aktifitas berat.

c. Tidak diperkenankan menembak bagian leher ke atas sebagai sasaran tembak.

d. Jika sasaran/musuh Anda berada dalam jarak 10m atau kurang, teriakan peringatan untuk menyerah. Jika sasaran /musuh menyerah, Anda tidak diperkenankan untuk menembaknya. Sebaliknya jika sasaran/musuh tidak menyerah, Anda diperkenankan menembak ke arah kaki.

e. Hentikan tembakan Anda, jika sasaran/musuh Anda telah mengaku tertembak.

f. Jika Anda tertembak, Anda dapat segera mengangkat kedua tangan Anda agar tidak ditembaki lagi (jika peraturan di tempat Anda mengharuskan Anda

membawa peluit, tiuplah keras-keras), dan segeralah berjalan ke luar arena permainan yakni ke arah tempat perlindungan (safety zone) dengan tangan terus diangkat sampai ke tempat aman. Jika tidak, Anda dapat dikira sebagai pemain aktif dan ditembaki lagi.

g. Jangan menembak ke arah tempat perlindungan (safety zone).

h. Ketika Anda berada di luar arena permainan, lakukan prosedur keamanan pribadi seperti dijelaskan di artikel di atas.

Jenis-Jenis Mainan s*nj**a Replika Airsoft Gun
Beragam jenis replika airsoft gun tersedia di dunia. Ratusan jenis pistol atau revolver dan puluhan jenis senapan dibuat oleh beberapa fabrikan dari Jepang, Korea, Taiwan atau Hongkong. Beberapa contohnya antara lain;

Sniper Rifles

• H&K PSG1

• H&K G3/SG1

• M82 Barret

• APS2

• M24

• dll

Assault Rifles

• Colt M16-A1, A2

• Colt XM177E2

• Colt AR15

• Colt M4A1 Carbine/RIS

• AK47/47S

• Steyr AUG

• FAMAS

• H&K G3/A3, A4

• FN P90

• Dll.

Submachine Gun

• H&K MP5-A2, A3, A4, A5

• Steyr TMP/SPP

• UZI

• M11 Ingram

• Dll

Machine Gun

• M60

• FN M249 Minimi

• MG42

• Dll

Handgun

• Colt 1911-A1, GM MKIV/70

• Glock 17, 18C, 19, 23, 26, 34

• Sig Sauer P226, P228, 2340

• Smith & Wesson Sigma

• Walther P99, PPK/S

• Beretta M92FS, M9 Mil, M1932, Cougar

• Strayer Voight SV Infinity

• STI Edge, Eagle

• Para Ordnance P14

• Tokarev T-33

• Dessert Eagle

• Dll

Shotgun

• Benelli M3 Super 90

• SPAS 12

• Remington M700

• Mossberg

• Dll

(from SentenceToDeath on http://www.amxsquad.proboards.com or http://www.amx-soyuz.com)