Perlindungan terhadap tubuh merupakan syarat mutlak di dalam dunia militer, maka dari itu tersedialah banyak jenis vest dan body armor. Selain untuk perlindungan, vest juga sangat berguna untuk membawa perlengkapan tempur seperti magazine ekstra, senter, obat-obatan, peta, radio dan lain lain.

Di dunia airsoft sendiri, sudah banyak sekali replika yang diproduksi berdasarkan desain dan spek real military issued, namun jelas dengan kualitas di bawah aslinya, karena sekali lagi, vest untuk airsoft tidak disiapkan untuk memiliki kapasitas balistik sebagaimana halnya vest militer sungguhan.

Sebagian besar vest saat ini sudah menggunakan MOLLE system (webbing), dimana modularitas menjadi kunci utama. Dengan MOLLE, vest bisa dilengkapi pouch (kantong) atau aksesoris lainnya sesuai kebutuhan operasi. MOLLE system juga digemari karena daya angkutnya yang kuat untuk menahan beban yang lumayan berat dan juga bentuknya yang mengikuti pergerakan tubuh sehingga tidak mengurangi efektifitas movement saat action.

Jenis-jenis vest yang banyak digunakan seperti:

Integrated Body Armor (IBA)

Integrated Body Armor (IBA) merupakan vest yang digunakan militer US pada saat Iraqi Freedon hingga sekarang. Bentuknya menyerupai jaket tanpa lengan dan umumnya digunakan oleh regular troops seperti Infantry division, USMC regular unit dan unit US Army lainnya. IBA menggunakan sistem MOLLE namun tidak semodular vest lainnya yang menawarkan lebih banyak option pemasangan pouch karena webbing yang tersedia tidak sebanyak vest CIRAS.

Extra Features >
Penyempurnaan jenis ini dilakukan dengan adanya OTV Interceptor Body Armor. Secara bentuk dan desain sangat mirip, namun sudah dilengkapi beberapa protection tambahan seperti pelindung groin dan leher. IBA vest dapat disisipi dengan SAPI plate, yakni pelat pelindung yang aslinya berbahan keramik. SAPI plate ini, tergantung levelya, dapat menahan peluru kaliber sampai dengan 7.62mm.

The right way to use it >
Jika ingin mengikuti impresi US military saat Iraqi freedom, maka disarankan menggunakan BDU motif DCU dengan IBA vest motif woodland. Memang kontras sekali warna desert dengan hijaunya woodland vest, namun di lapangan, kombinasi itulah yang umum digunakan, baik oleh US Army maupun USMC.

Paska 2005, setelah diresmikannya motif ACUPAT sebagai standard US Army, maka motif IBApun beralih ke camo yang sesuai. Sering pula dijumpai di lapangan, para serdadu Amerika mengenakan vest tambahan di luar IBA seperti FLC (Fight Loading Carrier) untuk memaksimalkan jumlah load equipment yang bisa mereka bawa pada saat operasi. Perlu diingat juga bahwa penggunaan IBA motif ACUPAT hanya digunakan oleh jajaran US Army dan tidak oleh angkatan US lainnya seperti marines dan airforce.


Replica : Yes
Availability : Jarang, special order by local supplier or online purchase from HK
Price : Replica (affordable), Genuine (expensive)
Impression : Reguler army of US military forces

  • US Army during Iraqi Freedom with DCU motif dengan IBA motif woodland
  • US Army with ACUPAT BDU dengan IBA motif ACUPAT

CIRAS

Singkatan dari Combat Integrated Releasable Armor System merupakan combat vest standard US Special Forces Operations. Dipakai oleh unit-unit elit militer US seperti MEU, Delta SFOD, SEALs, Green Beret, CIA SAD hingga LEA (law enforcement agencies) seperti FBI HRT unit dan Secret Service.

CIRAS selain terlihat keren, juga sangat fungsional karena MOLLE systemnya tersebar dengan rata di semua permukaan vestnya. Jadi operator bisa menyesuaikan placement pouch sesuai kehendak dan kebutuhan operasi, misalnya untuk 3 days mission, CIRAS bisa dimaksimalkan dengan attachment mag pouch hingga 5 pouches (1 pouch bisa diisi 2 mag M4 dan 1 pistol mag), lalu di bagian belakang bisa diattach dengan MAP (Modular Assault Pack), semacam backpack yang berfungsi juga sebagai hydration system dan aksesoris lainnya seperti admin pouch, medic pouch hingga sisipan kecil seperti CYALUME (glow stick) atau flare. Sedangkan untuk rapid mission, CIRAS bisa diminimalisasi dengan melepaskan bawaan yang tidak perlukan, namun tetap menjaga proteksi tubuh karena sama seperti IBA, bisa dilapis SAPI plate di bagian dalam, depan & belakang. Fitur terakhir yang dimiliki adalah ‘Quick Release’ system, dimana CIRAS dapat dilepas secara cepat dengan satu tarikan handle yang ada di bagian dada depan. Fitur ini diperuntukan bagi personel yang terluka agar dapat segera ditangani oleh medik tanpa perlu melepas vest terlebih dahulu yang bisa memakan waktu. Quick Release system ini sudah diakomodasi oleh replika buatan Pantac dan KW1, namun belum semua replika lokal memilikinya karena memang mekanismenya agak rumit.

Cool Facts >
CIRAS merupakan salah satu vest popular di dunia airsoft, karena banyak referensi US Special Forces yang terlihat mengenakan jenis ini. Maka dari itu banyak sekali replika yang tersedia, mulai dari local made sampai buatan Cina (KW2, KW1). Jika ingin serius di gear maka disarankan paling tidak untuk mencari kualitas KW1 (buatan HK), karena bahan yang digunakan biasanya jauh lebih baik dari local & juga potongan serta rasa pas di badan lebih enak, mengikat dibanding jahitan tangan yang mudah loose. Bila punya budget lebih tidak ada salahnya memesan CIRAS keluaran PANTAC, yang berbahan Nylon 1000D Cordura (masuk kategori super KW, satu level di bawah original). Apabila anda termasuk gear freak & unlimited budget maka silahkan go all the way dengan membeli CIRAS genuine keluaran EAGLE INDUSTRIES USA yang harga kosongannya (tanpa pouch, vest only) bisa mencapai US$500 tapi dijamin tidak menyesal dengan kualitas yang didapat.

Personally, CIRAS merupakan vest favorit saya, karena faktor safety, feeling mengikat tubuh hingga enak saat dibawa skirmish & pastinya terlihat keren bila kombinasinya pas.


Replica : Yes
Availability : Banyak. Pesan ke local supplier, atau online purchase untuk KW1
Price : Replica Local (Cheap), Replica KW1 (Affordable), Replica Super (Expensive)
Impression : US Special Forces all elements seperti

  • US Navy SWCC, Army Rangers (CIRAS warna OD atau Ranger Green < langka)
  • MEU (CIRAS Tan atau Coyote Brown),
  • SEALs, Delta SFOD, Green Beret (CIRAS Coyote Brown)
  • CIA SAD (CIRAS black), FBI HRT (CIRAS OD)

RRV

Rhodesian Recon Vest adalah jenis vest yang mirip dengan CIRAS namun lebih simple karena tidak tertutup bagian punggung seperti halnya CIRAS. RRV memang ditujukan untuk fast assault operation yang membutuhkan load lebih minimal.

RRV mulai banyak digunakan oleh Airsofter belakangan ini sejak bermunculnya foto-foto SEALs menggunakan pada saat operasi mereka. Penambahan backpack pada RRV juga dimungkinkan dengan mengaitkan attachment pada shoulder straps. RRV juga dapat dilengkapi dengan SAPI plate pada bagian depan.

Cool Facts >
RRV terinspirasi oleh prajurit Rhodesia (kini Zimbabwe) yang ulet di medan pertempuran & gemar menyusup melakukan pengintaian & infiltrasi, maka dari itu ada kata ‘Recon’ di dalam penamaan vest tersebut. Ada beberapa pabrikan resmi RRV seperti EAGLE INDUSTRIES & FLYYE, namun replikanya juga tersedia oleh PANTAC dan non-branded buatan Cina. RRV juga dapat dilihat pada game METAL GEAR SOLID pada karakter Snake. Di dunia nyata, selain militer, para PMC operator juga banyak terlihat menggunakan vest jenis ini.


Replica : Yes
Availability : Beberapa seller local banyak mendatangkan RRV KW1
Price : Replica Local (Cheap), Replica KW1 (Affordable), Replica Super (Expensive)
Impression :

  • Navy SEALs (RRV warna Coyote Brown)
  • FBI HRT (RRV warna OD atau black)
  • PMC operator (RRV warna Tan atau black)

Tactical Assault Vest

Alternatif dari vest dengan MOLLE system adalah Tactical Assault Vest. Menggunakan desain model lama namun tetap efektif, vest ini banyak digunakan oleh Law Enforcement Agencies seperti Polisi, DEA, SWAT dan lainnya. Beberapa kesatuan militer US juga kedapatan menggunakan vest ini namun lebih kepada personal preference masing-masing. Yang paling popular kedapatan dengan vest ini adalah para PMC operator.

Vest ini tidak bisa bergonta-ganti pouch layaknya CIRAS karena pouch yang ada dijahit secara permanen. Maka dari itu banyak sekali vest ini tersedia dengan berbagai macam kombinasi pouch, malah banyak juga yang mengakomodasi integrated holster ke dalam vest. Pabrikannya pun sangat beragam seperti BLACKHAWK, namun untuk replika yang bagus adalah keluaran GUARDER. Produsen local pun tidak mau ketinggalan dalam membuat vest jenis ini, menjelaskan kenapa banyak sekali Airsofter Indonesia yang turun skirmish dengan Tactical Assault Vest.


Replica : Yes, namun disarankan lihat jenis bahan & jahitan untuk tampilan maksimal
Availability : Tersedia umum
Price : Cheap, Affordable
Impression : Banyak digunakan oleh PMC operator, warna black/tan polos

SWAT VEST

Mulai laris sejak film SWAT yang dibintangi oleh Collin Farell, vest SWAT menjadi standar baku penggunaan proteksi tubuh bagi Law Enforcement Agency Amerika. Mayoritas berwarna hitam, vest ini ditujukan untuk maksimum proteksi bagi operator. Aslinya punya kapabilitas balistik, vest ini cukup tebal untuk menjaga tubuh dari bahaya pada saat operasi.

Berbeda dengan vest militer, SWAT vest ini tidak menggunakan MOLLE system namun tetap dapat bergonta ganti kombinasi pouch dengan sistem Velcro attachment pada bodynya. Selain itu, Velcro system juga diperkuat dengan locking button, sehingga apabila vest dilepas semua pouchnya akan terlihat banyak lubang locking button. Pouchnya pun cukup beragam, namun standard yang diberikan biasanya cukup untuk extra mag M4/MP5, pistol mag, radio & utility pouch.

The right way to use it >
Jika ingin mengikuti impresi militer, maka tidak disarankan untuk memakai vest jenis ini, karena memang tidak ada unit kesatuan militer yang menggunakannya. Namun vest ini sangat cocok bila ingin bergaya ala SWAT atau unit elit kepolisian lainnya. BDU yang cocok digunakan antara lain all black, dark blue, camo urban, camo loreng hitam-putih. Tidak disarankan menggunakan vest ini di medan woodland, lebih cocok untuk environment urban seperti CQB scenario, indoor & kompetisi.

Replica : Yes
Availability : Tersedia umum
Price : Local (cheap), KW1,2 (good quality, affordable)
Impression : Law Enforcement Agencies (SWAT, FBI HRT, DEA)

Chest Rig

Selain vest yang fungsinya melindungi tubuh, ada juga rig atau kerap disebut chest rig, yakni suatu gear yang fungsi utamanya adalah untuk membawa perlengkapan operasi seperti extra mag, medical kit, ransum dll tanpa menghiraukan fungsi pelindung tubuh. Jadi kebanyakan model chest rig, berpenampilan terbuka di bagian dada & punggung. Kadang para pengguna, mengakali kekurangan tersebut dengan mengkombinasikan chest rig dengan personal body armor.

Desain chest rig sangat beragam & pada awalnya banyak digunakan oleh Negara-negara blok timur seperti bekas Uni Sovyet & Vietnam, maka tidaklah heran kadang suka timbul persepsi bahwa penggunaan chest rig identik dengan impresi ‘bad guys’ padahal tidaklah demikian. Malahan, beberapa dekade terakhir, pabrikan gear barat seperti LBT (London Bridge Trading), EAGLE INDUSTRIES, BLACKHAWK dan lain-lain mulai memperkenalkan banyak desain chest rig yang terlihat unik dan keren.

Memang penggunaannya oleh militer resmi bisa dibilang kalah dibanding vest & body armor, namun pada akhirnya banyak sekali PMC operator yang memilih menggunakan jenis ini. Tak mau ketinggalan, pihak Hezbollah & Hamas juga mulai menggunakan sejenis chest rig buatan mereka sendiri untuk digunakan dalam konflik melawan Israel. Apabila dipadukan secara benar, maka tampilan chest rig tidak akan kalah dengan vest lengkap.

Replica : Yes
Availability : Tersedia cukup banyak di reseller local & toko airsoft
Price : Local (cheap), KW1,2 (good quality, affordable)
Impression : PMC operator, Hezbollah, Hamas

Chicom

Merupakan jenis chest rig yang paling awal, namun hingga saat ini masih banyak sekali penggunanya secara aktif di kalangan militer dan daerah konflik peperangan. Sedikit sekali mengalami perubahan, chicom bak AK47nya dalam dunia gear. Simple, fungsional, efektif & murah merupakan fitur yang ditawarkan layaknya paradigma sosialis. Mulai berkembang di bekas Uni Sovyet, chicom kemudian menyebar ke Vietnam hingga ke Afghanistan, lalu Timur Tengah.

Terbuat dari bahan kanvas, chicom terbukti kuat di medan peperangan. Salah satu desain unik chicom adalah kancing pengait pouch yang terbuat dari kayu pahatan tangan. Chicom standarnya dapat memuat sebanyak 5-6 extra magazine AK, 2-3 granat, pop-flare & perlengkapan kecil lainnya. Sistem pengikat ke tubuhnya pun sangat sederhana sekali yakni dengan cara mengikatkan tali layaknya mengikat tali sepatu. Namun kesederhaan itulah yang membuat chicom legendaries.

Bagi yang ingin bergaya progresif seperti militer Russia, pejuang Taliban atau Vietcong disarankan menggunakan chicom sebagai pelengkap dasar.


Replica : Yes
Availability : Jarang, hanya ada sedikit local tailor yang membuat, sisanya impor
Price : Local (cheap), Genuine (affordable but rare)
Impression : Blok timur & impresi bad guys

  • Russian army (chicom warna tan)
  • Taliban (chicom warna tan, dirty looks)
  • Vietcong (chicom warna OD)

(author : wollstonecraft on KasKom)

Advertisements